5.4.07

Ada akses Internet gratis di bis dan trem

Sejak Januari lalu, segelintir rute bis dan trem mulai dilengkapi dengan akses Internet nirkabel dengan metode WiFi. Pengguna jasa angkutan yang perlu mengakses Internet tentu saja akan terbantu dengan fasilitas ini. Gratis lagi. Teknologi yang digunakan adalah Flash-OFDM. Mudah-mudah ke depannya Dinas Angkutan Kota Helsinki berhasil memasang fasilitas ini di seluruh armada bis dan trem yang ada.

Lagian, mau ngapain nge-net di bis?
Biasanya kita perlu akses Internet untuk cari rute bis, peta jalan, jadwal bis berikutnya dsb. Ini didukung oleh adanya situs semacam Journey Planner. Yang mana kita tinggal masukkan nama jalan atau halte yang ingin kita tuju dan lokasi kita sekarang, kemudian situs tersebut akan memberikan beberapa alternatif angkutan umum untuk menuju ke sana, lengkap dengan perkiraan waktu dan jarak yang ditempuh. Di situ kita juga bisa memilih kecepatan kita dalam berjalan kaki, juga hasil perkiraan yang diberikan bisa kita pilih ingin yang lebih sedikit jalannya, yang paling cepat, atau yang paling sedikit gonta-ganti kendaraan. Peta komplit dengan panduan arah jalan juga disertakan dalam hasil perkiraannya. Nah, tanpa WiFi gratisan, tentunya akan boros kalau mengandalkan akses 3G atau GPRS.

Selain keperluan penting barusan, tentu juga ada yang memanfaatkan untuk baca koran maya, chatting, atau menelepon menggunakan VoIP. Kalau ada yang gila kerja, pasti ada yang sambil coding atau ssh ke server :-P

Selain di trem dan bis, di beberapa tempat umum juga tersedia hotspot WiFi. Di antaranya di alun-alun, di pusat media dan film di Lasipalatsi, di pelabuhan Katajanokka dan di perpustakaan-perpustakaan. Ya, Helsinki masih sedikit ketinggalan dalam bidang Metropolitan Area Network, di banding kota-kota lain di dunia. Tapi ya ini permulaan yang baik.


Informasi mengenai akses WiFi di Helsinki:
* Situs Pemkot Helsinki
* Peta Hotspot di Helsinki

4 comments:

Anonymous said...

keasikan main di bis bisa2 lupa turun :-)

Anonymous said...

wah, model kaya gitu masa gag maju sih?
lah, indonesia gimana itu?
hihihi... :D

kalo koneksi internet gratis di mana-mana, berarti harga benwit murah dong ya?

Anonymous said...

Salah satu kendala di Indonesia adalah luasnya daerah, dan sumber daya manusia...

so back to -> pendidikan and pendidikan lagi..., btw mas madm alumnus IPB bukan sih?...

Anonymous said...

wah senang bisa berkunjung, jadi pengen ke helsinki neeh. :D
saya tunggu liputan jalan2nya. Salam
kenal

tofan