6.3.07

Pelawak jadi caleg

Waktu mau main ice-skating di alun-alun depan stasiun kereta Helsinki, saya dan isteri dicegat orang. Orang itu ngasih selembar selebaran. Ya, sekarang lagi musim orang ngasih-ngasih selebaran. Isinya ngga lain dan ngga bukan melainkan selebaran kampanye. Tanggal 18 Maret depan adalah waktunya pemilu legislatif di Finlandia.

Beragam caleg beragam pula model kampanyenya. Ada yang buka stand di pinggir jalan sambil bagi-bagi balon dan selebaran, ada yang pasang iklan di badan bis, ada yang cuma nempel stiker di bangku-bangku dalam bis, dan sebagainya. Selebaran yang dibagi biasanya benar-benar niat, alias kelihatan bikinnya mahal. Kertasnya tebal, didesain apik dan cakep macam kertas undangan. Kita sih sebagai penonton lebih banyak panen balon :-)

Tapi selebaran yang dibagi di alun-alun itu agak2 aneh. Warnanya merah muda. Pas lihat gambarnya, langsung deh istri saya komentar, "ih centil bener!". Ini dia gambarnya:


Sengaja gambarnya saya perbesar di bagian yang menunjukkan kecentilannya :-D
Btw, beliau adalah calon untuk wilayah Helsinki, umurnya 26 tahun dan pekerjaannya adalah pelawak panggung (terjemahan ngasal dari stand-up comedian). Oh iya, sebagaimana para caleg di Finlandia pada umumnya, beliau ini juga punya blog kampanye, yaitu di ilovelotta.com.

Disclaimer: Saya bukan jurkam dan pendukung lho!

Info Pemilu:
* Situs Departemen Kehakiman Finlandia

3 comments:

Anonymous said...

wah..berarti ga beda dong sama di Indonesia

Muhammad Rivai said...

Hihihi...

Di Helsinki baru Caleg mas. Di Indonesia malah Anggota Legislatifnya (bukan calon lagi) yang lebih lucu dari pada stand-up comedian :-).

Tuh, Srimulat bubar karena kalah lucu :-)

budi said...

di RI, pernah pelawak jadi Presiden :)