10.5.07

Habis makan beresin meja sendiri

Pertama kali sampai di sini takjub juga ngelihat orang makan di tempat makan. Habis selesai makan, baki berisi alat makan dan makanan sisa (kalau ada) dibawa ke tempat sampah. Buang sisa makanan dan alat makannya (dari plastik/kertas) dan bakinya diletakkan di situ dengan rapi. Kalau alat makannya dari gelas, disediakan juga lemari dorong khusus untuk meletakkan alat makan. Kalau mejanya sedikit kotor, jarang-jarang bisa ngarepin ada yang ngebersihin. Harus dibersihkan sendiri. Barangkali karena penduduknya sedikit jadinya yang kerja di tempat makan juga sedikit. Kasir merangkap tukang pel merangkap tukang anter makanan. Kalau ditambah harus ngambilin bekas makan orang ya kasihan juga.

Mau pakai kursi bayi? Ya ambil sendiri sana di pojok, nanti kalau sudah selesai taro lagi di tempatnya. Mau nambah garam atau merica? Ya ambil sendiri di dekat kasir. Mau nambah ya antri lagi. Belum pernah saya lihat orang tinggal menjentikkan jari sambil teriak "Hoy Angku! Tambuah ciƩ!"*

Tapi biasanya sih yang begitu itu ya di tempat makan siap saji. Kalau di restoran mahal ya males juga udah bayar mahal-mahal harus ngembaliin piring juga :-D Tapi pernah sih saya lihat di restoran ada orang yang habis makan, ngga dikembaliin sih piringnya, tapi gelas-gelas dan piringnya diatur sama dia supaya mudah dibawa sama si pelayan. Mungkin dia juga pelayan di restoran lain jadi tahu suka dukanya :-)

*Mas, tambah satu lagi

3 comments:

Anonymous said...

jadi, lebih enak di indonesia apa di helsinki bos? hehehehe...

Anonymous said...

Di Jepang juga sama seperti itu, kalau di restoran yg lebih mahal biasanya full-service, kalau yg gak mahal ya "tahu sama tahu". Di Indonesia memang banyak ketidakefisienan, namanya juga banyak yg nganggur, tinggal diberdayakan saja. Kalau tidak diperkerjakan entar2 dibilang 'ndak bagi2 rejeki.

Anonymous said...

setelah makan, beresin piring, dateng ke kasir lagi,
... minta tips :D